Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Berikan BMN Awards bagi K/L Pengelola BMN Berprestasi

Jakarta, 31/10/2013 Mof (Fiscal) News – Kementerian Keuangan memberikan penghargaan pada Kementerian/Lembaga (K/L) yang berprestasi dalam pengelolaan Barang Milik Negara (BMN). Acara BMN Awards ini merupakan kali kedua diselenggarakan, di mana tujuannya adalah apresiasi atas manajemen BMN yang baik di lingkungan K/L tersebut. "Pemberian ini juga bentuk evaluasi dan pembinaan atas kinerJa K/L, atas manajemen BMN di lingkungan K/L dengan berpedoman pada standar yang berlaku," kata Menteri Keuangan M. Chatib Basri saat memberikan sambutannya di Aula Dhanapala, Kamis (31/10).

Menurut Menkeu, pengelolaan BMN yang baik memberikan kontribusi yang positif pada penyajian nilai BMN dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP), sehingga membantu peningkatan opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dari disclaimer di 2006 menjadi Wajar Dengan Pengecualian di 2009.

"Ini adalah satu prestasi yang patut kita beri apresiasi karena dalam 3 tahun sudah ada peningkatan pada opini BPK," kata Menkeu. Menurutnya, aset negara merupakan faktor penting pengendali Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang efektif dan efisien. "Karena ada belanja modal dan belanja pemeliharaan, PNBP melalui pemanfaatan dan pemindahtanganan aset," tambahnya.

Pengelolaan kekayaan negara secara berkesinambungan dan terus menerus menunjukkan tren positif ini menjadi bukti keseriusan Kementerian Keuangan selaku pengelola barang dan K/L selaku pengguna barang, untuk terus memperbaiki tata kelola kekayaan negara menjadi lebih prudent.

"Hal ini tidak terlepas dari peningkatan kerja bapak dan ibu di seluruh K/L yang tercermin dari opini atas LKKL. Untuk itu, kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran DJKN, dan kementerian/lembaga yang telah bekerja keras dan sungguh-sungguh membenahi pengelolaan kekayaan negara dengan baik," paparnya. (fin)