Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Berkontribusi Dalam Pembangunan Human Capital

Jakarta, 26/10/2021 Kemenkeu – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menyelenggarakan program Kemenkeu Mengajar (KM) ke-6 pada 9 November 2021. KM menjadi bentuk dukungan pendidikan yang dilaksanakan oleh Kemenkeu selain pengalokasian anggaran pendidikan. 

Kegiatan ini melibatkan Relawan dari kalangan pegawai kemenkeu hingga 2.293 orang. Para relawan akan mengedukasi anak-anak sekolah dengan materi penganggaran, baik sisi penerimaan, belanja, maupun pembiayaan.

Nantinya relawan akan bertugas pada 345 sekolah terpilih yang terdiri dari 124 SD/MI sederajat, 103 SMP/MTs sederajat, 106 SMA/SMK/MA sederajat, serta dua sekolah luar biasa dan sepuluh sekolah di luar negeri.

“Kami juga ingin berkontribusi khususnya dalam bagaimana kita bisa mengedukasi masyarakat berkaitan dengan tugas dan fungsi dan peran Kemenkeu. Khususnya dalam rangka bagaimana mencerdaskan berbangsa dan bernegara kita. Khususnya lagi ini berkaitan dengan bagaimana pembangunan human capital bisa kita kuatkan untuk mendorong kemajuan teknologi, pengetahuan, ketrampilan, dan keahlian bangsa kita Indonesia yang kita cintai ini,” ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Heru Pambudi saat membuka acara “CERDIK : Future Leaders”, Senin (25/10).

Atas program ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan program KM. Ia mengharapkan program ini akan menginspirasi generasi muda untuk menebarkan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya menghargai Anda semuanya memiliki keinginan untuk sharing karena sebenarnya teman-teman Kemenkeu itu pekerjaan full time-nya mengelola keuangan negara. Tapi Anda semuanya ingin melakukan membagi ilmu, membagi waktu, dan bahkan membagi cita-cita dan excitement kepada anak-anak sekolah,” ungkap Menkeu dalam kesempatan yang sama. 

Sebagai informasi, Kemenkeu Mengajar merupakan kegiatan kerelawanan mengajar selama satu hari di sekolah. Namun mengingat pandemi yang belum berakhir, KM masih akan dilaksanakan secara daring.(dj/mr/hpy)