Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu, BI dan OJK Tandatangani MoU Pendalaman Pasar Keuangan

Jakarta, 08/04/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad, menandatangani Nota Kesepahaman terkait Pendalaman Pasar Keuangan untuk Mendukung Pembiayaan Pembangunan Nasional.

Ruang lingkup dalam MoU ini meliputi pembentukan Forum Koordinasi Pembiayaan Pembangunan melalui Pasar Keuangan (FK-PPPK) yang terdiri atas Kementerian Keuangan (Kemenkeu), BI dan OJK; kerja sama perencanaan dan percepatan implementasi kebijakan yang terkait dengan semua unsur pasar keuangan; serta pertukaran data dan informasi.

“Keberadaan pasar keuangan yang dalam, aktif, likuid dan efisien merupakan salah satu faktor penting untuk dapat meningkatkan ketersediaan dana bagi pembangunan guna mencapai pertumbuhana ekonomi yang tinggi, berkesinambungan dan inklusif,” jelas Menkeu di acara yang berlangsung di Aula Djuanda, Kemenkeu pada Jumat (08/04).

Nantinya, FK-PPPK akan dikoordinasikan oleh salah satu anggota secara bergantian dengan periode kerja selama satu tahun. Untuk pertama kali, Kemenkeu akan mengoordinasi FK-PPPK dan dilanjutkan oleh BI serta OJK. FK-PPK akan bersinergi dalam menyusun strategi nasional yang komprehensif, untuk pengembangan dan pendalaman pasar keuangan guna mendukung pembiayaan pembangunan nasional. (as)