Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu dan AAIPI Akan Kembali Selenggarakan Konferensi APIP

Jakarta, 10/06/2014 MoF (Fiscal) News - Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan bersama dengan Asosiasi Auditor Intern Pemerintah (AAIPI) akan kembali menyelenggarakan konferensi yang melibatkan segenap APIP di lingkungan Kementerian Negara/Lembaga/Pemda. Acara ini rencananya akan berlangsung pada Kamis, 12 Juni 2014.


Tahun ini, konferensi ini mengambil tema “Penerapan Paradigma Baru Pengawasan untuk Memenuhi Ekspektasi Pemangku Kepentingan dan Mengantisipasi Implikasi Hukum atas Kebijakan Publik”. Dalam acara ini, Menteri Keuangan dijadwalkan akan membuka acara dan memberi arahan mengenai pentingnya penerapan paradigma baru pengawasan, untuk memenuhi ekspektasi pemangku kepentingan dan mengantisipasi implikasi hukum atas kebijakan publik.


Selain itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga akan memberikan keynote speech, dengan materi tentang pengawasan APIP untuk memenuhi ekspektasi pemangku kepentingan.


Dalam acara ini, akan dilakukan pengukuhan Ketua Umum AAIPI oleh Dewan Pembina, yang didahului dengan Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum periode sebelumnya. Selanjutnya akan dilakukan juga serah terima jabatan serta diakhiri dengan Grand Launching Perangkat Profesi AAIPI berupa Standar Audit, Kode Etik, dan Pedoman Telaah Sejawat.


Asosiasi Auditor Intern Pemerintah (AAIPI) berdiri pada tanggal 30 November 2012. Tujuannya adalah sebagai wadah untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Asosiasi ini merupakan organisasi profesi auditor intern yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Salah satu tugas utama AAIPI adalah menyusun standar audit dan kode etik APIP. (as)