Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu dan BRI Perkenalkan Kartu Identitas Multifungsi

Jakarta, 11/11/2015 Kemenkeu - Kementerian Keuangan bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan Kartu Identitas Multifungsi (KIM) pada Selasa (10/11). Menteri Keuangan sendiri melakukan pengguntingan pita didampingi Direktur Jenderal Perbendaharaan dan Wakil Direktur BRI, yang dilanjutkan penyerahan secara simbolis dari BRI ke Dirjen PBN.


KIM menjadi kartu identitas multifungsi yang juga dapat digunakan sebagai alat transaksi pembayaran serta akses masuk ke lingkungan kantor. Ke depannya, KIM direncanakan dapat pula digunakan untuk akses kesehatan, pensiun serta data kepegawaian.


Sebagai alat pembayaran, KIM dapat berlaku sebagai kartu ATM, kartu uang isi ulang BRI atau BRIZZI. Ini berarti, KIM dapat digunakan untuk bertransaksi perbankan di 156.096 unit electronic data capture (EDC) dan 21.685 ATM BRI, yang termasuk dalam jaringan ATM Bersama, ATM Link, ATM Prima. Keuntungan lainnya adalah pegawai mendapatkan kesempatan menikmati program keuntungan seperti hadiah, potongan biaya administrasi bank hingga 50 persen, dan potongan harga untuk pembelian di Koperasi PBN dengan menggunakan KIM. (as)