Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Dukung Penuh Pengembangan Mobil Listrik

 

Jakarta, 10/1/2013 MoF (Fiscal) News - Kementerian Keuangan mendukung penuh terwujudnya mobil listrik di Indonesia. Koordinasi antar-kementerian terkait perkembangannya harus terus dilakukan untuk memastikan agar teknologi yang dipakai sepenuhnya dari dalam negeri. Demikian disampaikan Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/1).

 

"Mobil listrik itu yang penting didiskusikan persiapannya gimana, jangan sampai membuat mobil tidak  tahunya teknologinya tidak teknologi yang betul-betul Indonesia," ujarnya. Ia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan berbagai macam insentif guna mendukung hal tersebut. Jika memungkinkan, investasi besar di sektor ini dimungkinkan untuk mendapatkan keringanan pajak, misalnya tax holiday. "Jadi kalau semua kriteria inisiatif Indonesia itu bisa kita miliki, yang pertama industri mesin seperti itu masuk kategori yang bisa kita berikan tax holiday.  Jadi tax holiday itu adalah inisiatif yang paling agresif, karena kita anggap itu membuat mesin," ungkapnya.

 

Selain itu, lanjutnya, Kemenkeu juga dapat memberikan keringanan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) bagi komponen impor mobil listrik tersebut nantinya, sehingga harga jualnya dapat ditekan dan terjangkau masyarakat. "Kemudian kalau terkait dengan PPnBM kita pun siap untuk mobil listrik itu komponen impornya itu kita tidak kenakan PPnBM. Dengan begitu kita harapkan mobil listrik itu betul-betul bisa nanti menjadi satu inisiatif yang berkembang di Indonesia,” pungkasnya.(rja)