Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Dukung Percepatan Pengadaan dan Penghapusan Aset Negara pada Kantor Perwakilan RI

 

Jakarta, 14/03/2011 MoF (Fiscal) News - Pemerintah mendukung percepatan pengadaan serta penghapusan aset negara di luar negeri pada kantor perwakilan RI dan wisma duta di luar negeri. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Keuangan, Anny Ratnawati dalam Raker dengan Komisi I DPR RI bersama Kementerian Luar Negeri, dan Bappenas, pada Senin 14 Maret 2011.

Wamenkeu mengatakan bahwa percepatan pengadaan aset tersebut akan menyesuaikan dengan penganggaran berbasis kinerja serta mempertimbangkan peraturan yang berlaku di masing-masing negara.

Lebih lanjut Dirjen Kekayaan Negara, Hadiyanto  menambahkan, terkait dengan penghapusan aset,  Kementerian Keuangan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 169/PMK.06/2010 tentang Tata Cara Penghapusan Barang Milik Negara Pada Perwakilan Republik Indonesia Di Luar Negeri. “Untuk aset Kementerian Lembaga pada umumnya untuk dilakukan penghapusan harus dilakukan penjualan terlebih dahulu, untuk Kementerian Luar Negeri dapat langsung dihapuskan”, ungkap Hadiyanto. Sementara itu, pendelegasian kewenangan penghapusan aset kepada kantor-kantor perwakilan di luar negeri, proses inventarisasi dan penilaiannya  sudah diidentifikasi dan ditampung dalam Rencana Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah.