Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Gelar Penandatanganan Pinjaman Proyek Transmisi Energi 500 KV

Jakarta, 30/12/2013 MoF (Fiscal) News  - Untuk meningkatkan ketahanan jangka panjang dan efisiensi pasokan listrik, khususnya untuk memenuhi kebutuhan listrik di Pulau Bali, Kementerian Keuangan hari ini menggelar Penandatanganan Perjanjian Pinjaman Proyek Transmisi Energi 500 KV Jawa-Bali dengan ASEAN Infrastructure Fund (AIF), Asian Development Bank (ADB), dan PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero).

Penandatanganan yang berlangsung di Aula Djuanda I, Kementerian Keuangan ini, dilakukan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU) Robert Pakpahan, Direktur Utama PT PLN Nur Pamudji, dan Perwakilan ADB Indonesia Adrian Ruthenberg.

Menurut Robert, perjanjian tersebut terbagi menjadi tiga yaitu antara Pemerintah Indonesia dengan ADB, kemudian antara Pemerintah Indonesia dengan AIF. Selain itu, dana pinjaman tersebut juga akan akan diambil dari anggaran PLN.

Robert menambahkan, proyek tersebut rencananya akan dilaksanakan dalam jangka waktu lima tahun dan dibangun di atas laut sepanjang selat antara Pulau Jawa dan Bali. "Proyek ini diperkirakan akan selesai pada 30 September 2019. (Pembangunannya) bukan di bawah laut. Nanti akan dibangun tower-tower," pungkasnya. (fr)