Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Gelar Workshop Evaluasi Forum Ekonom Kemenkeu 2016

Bali, 08/12/2016 Kemenkeu - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Workshop dan Evaluasi Forum Ekonom Kementerian Keuangan pada Rabu (07/12) di Nusa Dua, Bali. Workshop ini merupakan rangkaian terakhir kegiatan Forum Ekonom Kementerian Keuangan tahun 2016 di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto mengungkapkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 merupakan tantangan bersama di tengah melambatnya perekonomian global. Oleh karena itu, kebijakan dalam APBN menjadi alat yang kredibel dan realistis untuk menggambarkan potensi penerimaan dan kinerja. “Diharapkan agar Ekonom Kementerian Keuangan dapat menyosialisasikan kebijakan-kebijakan Kementerian Keuangan melalui media lokal masing–masing daerah,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara menyampaikan pengantar paparan yang menyatakan bahwa forum ekonom Kemenkeu sangat strategis dalam penyusunan kajian fiskal regional. Acara dilanjutkan dengan pemaparan lima materi utama dari narasumber.

Materi pertama, mengenai strategi komunikasi Kementerian Keuangan yang disampaikan oleh Plt. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal Nufransa Wira Sakti. Kedua, perkembangan ekonomi dan outlook 2017 oleh Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro BKF Parjiono. Ketiga, arah kebijakan fiskal dan APBN 2017 oleh Kepala Pusat Kebijakan APBN BKF Rofyanto Kurniawan.

Keempat, sosialisasi Rancangan Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP), oleh Direktur Peraturan Perpajakan I Direktorat Jenderal Pajak Arif Yanuar. Terakhir, srategi sinkronisasi kinerja belanja Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah: evaluasi dan pengembangan Kebijakan Fiskal Regional, oleh Plt. Direktur Pelaksanaan Anggaran, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Didyk Choiroel. Workshop dipandu oleh Koordinator Forum Ekonom Kemenkeu Tahun 2016 Prof. Dr. Robert Simanjuntak.

Sebagai informasi, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan informasi terkini mengenai arah kebijakan strategis Kemenkeu. Melalui pelaksanaan acara workshop ini, Kemenkeu berharap memeroleh feedback positif untuk merumuskan berbagai kebijakan fiskal yang akan datang.(nv)