Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Imbau K/L Lakukan Tender November 2011

 

Jakarta, 23/11/2011 MoF (Fiscal) News - Wakil Menteri Keuangan I Anny Ratnawati mengimbau agar Kementerian/Lembaga (K/L) mulai melakukan tender proyek pada November 2011 untuk tahun anggaran 2012. Hal tersebut ia sampaikan saat ditemui dalam acara diskusi Komite Ekonomi Nasional tentang Anggaran Kesejahteraan Rakyat dan Lapangan Kerja yang berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada Rabu (23/11).

Anny menyampaikan, upaya tersebut dilakukan untuk mempercepat penyerapan anggaran pada tahun berjalan. "Kami ingatkan K/L untuk mulai proses tender November ini untuk 2012," ujarnya. Namun demikian, ia menyampaikan agar penyerapan anggaran dilakukan secara optimal dan seefektif mungkin. “Jangan sampai karena harus menyerap anggaran lalu menimbulkan permasalahan,” tukasnya.

Penyerapan anggaran yang optimal untuk proyek-proyek tergantung kepada K/L itu sendiri. Anny memaparkan, anggaran untuk melakukan tender sudah dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2011, sehingga dapat dilakukan. Menurut rencana, pada akhir November mendatang, Kementerian Keuangan akan memanggil K/L untuk mendiskusikan tender yang sudah dilakukan pada November 2011 ini. “Kami akan memanggil K/L pada 28 November 2011 mendatang untuk mendiskusikan tender apa yang sudah mereka lakukan,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan berhati-hati terhadap proyek yang diajukan K/L dalam bentuk multiyears. Menurutnya, proyek multiyears hanya boleh dilakukan pada proyek yang benar-benar teknis. “Kemenkeu mengingatkan semakin banyak multiyears di proyek Anda (K/L), maka fiskal Anda di space anggaran akan semakin terkendala. Makanya multiyears hanya untuk yang teknis,” pungkasnya.(sgd)