Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu-Kemenlu Uji Coba Setor PNBP dari Hongkong

Jakarta, 04/12/2015 Kemenkeu - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) melakukan uji coba penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), melalui Sistem Informasi Penerimaan Negara Bukan Pajak Online (SIMPONI) langsung dari Hongkong. Hongkong merupakan salah satu penyumbang terbesar PNBP di luar negeri yaitu sekitar Rp70 miliar per tahun. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kesuksesan penyetoran sebelumnya yang dilakukan dari Singapura.


Konsul Jenderal RI Hongkong Chalief Akbar berharap SIMPONI dapat mempermudah pelaksanaan penyetoran PNBP ke kas negara dan penatausahaan PNBP. Dengan adanya beberapa aplikasi dan sistem, ia berharap tidak ada lagi temuan dari pemeriksa, terkait dengan PNBP di Kemenlu. Perwakilan Kemenkeu David Nalendra F. dari Direktorat Sistem Penganggaran menyampaikan optimismenya bahwa SIMPONI dapat dipergunakan untuk melakukan penyetoran dari perwakilan luar negeri langsung ke kas negara.


Saat acara ini, Konjen RI Hongkong dan Pemimpin Bank BNI Cabang Hongkong Mucharom Hadi Prayitno melihat proses pembuatan billing PNBP dan dilanjutkan penyetoran PNBP melalui SIMPONI langsung dari Hongkong. Dalam proses uji coba, penyetoran ke SIMPONI melalui Bank BNI Cabang Hongkong dilakukan dalam mata uang HKD yang dikonversikan dalam RP sebesar Rp180.406.825.


Namun, Kemenlu masih perlu untuk melakukan koordinasi untuk memutuskan kebijakan dan menentukan mekanisme penyetoran PNBP dari kantor perwakilan, mengingat tidak di semua negara terdapat Bank Persepsi, dan adanya perbedaan regulasi perbankan di masing-masing negara. (as)