Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu-Kemenristekdikti Kerja Sama Tingkatkan Kesadaran Pajak Bagi Mahasiswa

Jakarta, 28/03/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang Peningkatan Kerja Sama Perpajakan Melalui Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Penandatanganan dilaksanakan pada Senin (28/3) di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta.


Penandatanganan MoU ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pengetahuan perpajakan di kalangan pendidikan tinggi serta mengembangkan teknologi dan pembelajaran di bidang perpajakan. 


Menristekdikti berharap, melalui penandatanganan MoU ini, pengetahuan perpajakan di kalangan pendidikan tinggi dapat meningkat. “Saya sangat mendukung apa yang telah diinisiasi oleh Menteri Keuangan dan jajaran Kemenristekdikti ini. Jadi, harapannya nanti mahasiswa dari jurusan apapun memiliki pengetahuan tentang pajak dan sadar akan pentingnya pajak,” katanya sambutan usai penandatanganan MoU.


Sementara itu, Menkeu menilai, penandatanganan MoU ini memiliki makna yang sangat strategis, karena pengenalan pajak bagi mahasiswa yang akan segera memasuki dunia kerja penting dilakukan. “Makna dari MoU ini sangat strategies karena yang jadi sasaran adalah pemahaman pajak di kalangan mahasiswa, karena mahasiswa adalah pihak yang sebentar lagi akan memasuki dunia kerja,” katanya.


Selanjutnya, sebagai bagian dari pelaksanaan MoU tersebut, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu dan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti juga melangsungkan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang peningkatan kesadaran pajak melalui pembelajaran dan kemahasiswaan di pendidikan tinggi. Perjanjian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran perpajakan peserta didik/mahasiswa, pendidik, maupun tenaga kependidikan lainnya di lingkungan pendidikan tinggi.


Ruang lingkup perjanjian tersebut meliputi fasilitas peningkatan kesadaran pajak melalui program pembelajaran dan kemahasiswaan, peningkatan peran perguruan tinggi dan penyediaan materi pembelajaran seta penyelenggaraan forum ilmiah dalam rangka peningkatan kesadaran pajak. (nv)