Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Luncurkan Inovasi SPT Loader

Bandung, 22/03/2016 Kemenkeu – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meluncurkan aplikasi pajak e-filling melalui loader Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT loader), untuk memudahkan dan mempercepat Wajib Pajak dalam melaporkan SPT Pajak. Dalam peresmian tersebut, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto, serta Wali Kota Bandung Ridwan Kamil hadir dalam acara peluncuran di Aula Gedung Keuangan Negara Bandung Jawa Barat pada Senin (21/03).


SPT loader merupakan salah satu inovasi Kemenkeu untuk meningkatkan pendapatan negara dari sektor pajak, serta untuk memenuhi keinginan masyarakat yang membutuhkan kecepatan dalam melaporkan dan membayar pajak. Pada kesempatan ini pula, Walikota Bandung Ridwan Kamil melaporkan SPT PPh Tahun 2015 dengan memanfaatkan aplikasi SPT loader tersebut.


Selain melaporkan SPT, Ridwan Kamil juga menyampaikan beberapa hal untuk menciptakan inovasi di birokrasi yang berorientasi pada pelayanan. “Inovasi itu tidak selalu harus dari atas, ada inovasi-inovasi dari bawah, dari pemerintah kota. Mudah-mudahan kami yang di lapangan ini bisa mengisi inovasi dari perspektif itu, sehingga republik ini nanti gabungan antara inovasi dari atas (Pemerintah Pusat) dan dari bawah (Pemerintah Daerah),” katanya. (aa)