Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Pastikan Pemotongan Anggaran Tidak Pengaruhi Penyerapan K/L


Jakarta, 29/02/2012 MoF
(Fiscal) News - Kementerian Keuangan pastikan pemotongan anggaran Kementerian/Lembaga (K/L) nantinya tidak akan berpengaruh terhadap penyerapan anggaran pemerintah pada tahun ini. Wakil Menteri Keuangan I Anny Ratnawati menegaskan, hanya anggaran belanja barang dan perjalanan dinas  pemerintah yang akan dipotong, sedangkan khusus belanja modal tidak akan ada pemotongan anggaran. Hal tersebut ia sampaikan saat ditemui pada Rabu (29/2) di Jakarta.

Dengan demikian, proses tender dari proyek-proyek pemerintah nantinya tidak akan terpengaruh dengan pemotongan anggaran ini.  "Insya Allah nggak, yang dilakukan review kan belanja barang, belanja modal kan tetap jalan, yang tidak diubah kan tidak diubah. Tender tetap berjalan, jadi nggak terus harus berhenti semua," ujarnya.

Ia menambahkan, pemotongan anggaran ini nantinya akan ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2012, sehingga alokasi anggaran dalam Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-K/L) akan direvisi dan kemudian hal tersebut dijadikan sebagai patokan realisasi anggaran K/L pada tahun ini.  "K/L kan diminta melakukan pemotongan belanja barang, ada perjalanan dinas, workshop dan sebagainya. Nah nanti tentunya, kita harus memasukkan ke APBN-P. Dalam dokumen APBN-P pasti ada revisi RKA-K/L. Setelah proses pemotongan dan nanti perubahan alokasi, kalau ada tambahan alokasi di infrastruktur di kementerian mana," tambahnya.

Seperti diketahui, pemerintah akan melakukan pemotongan anggaran sebesar Rp22 trilun dari  seluruh Kementrian lembaga (K/L). Hal tersebut disebabkan gejolak harga Indonesian Crude Price (ICP) yang berpotensi akan terus naik sampai dengan akhir tahun, sehingga berpotensi menimbulkan pembengkakan APBN 2012.(rja)