Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Raih Anugerah Parahita Ekapraya 2016

Jakarta, 22/12/2016 Kemenkeu - Kementerian Keuangan memperoleh Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2016 Kategori Mentor tingkat Kementerian/Lembaga (K/L). Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo di Istana Wakil Presiden, Jakarta pada Rabu (21/12).

Pemberian APE dilakukan sebagai apresiasi dan penghargaan atas semangat dan antusiasme K/L, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam bekerja sama, berkolaborasi, dan saling bahu-membahu mengemban mandat negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas. Pemberian APE juga menunjukkan bahwa strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pengarusutamaan Hak Anak (PUHA) dapat diimplementasikan di masyarakat.

Dalam sambutannya, Wapres menegaskan bahwa peran perempuan dalam bidang ekonomi cukup besar, dengan basis pendidikan yang baik. Peran perempuan di dunia berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Kemajuan pendidikan dan teknologi, menurutnya, telah mengantar peranan perempuan menjadi lebih baik secara sosial politik.

“Ibu mempunyai perbedaan tugas pada masa lalu dan sekarang akibat teknologi. Dulu ibu kita menghabiskan setengah, bahkan sepanjang hari untuk mengurus rumah tangga. Sekarang mungkin hanya sejam,” tambahnya. Wapres juga berharap, perempuan dapat berperan untuk memperbaiki perlindungan anak dimulai dari rumah tangga, ke daerah, dan secara nasional.

Sebagai informasi, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan penghargaan APE kepada 12 Kementerian/Lembaga, 17 Pemda Provinsi dan 84 Pemda Kabupaten/Kota. Pemberian penghargaan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali, dan diberikan pada saat Peringatan Hari Ibu. Penghargaan terdiri atas empat kategori, yakni Pratama, Madya, Utama dan Mentor.(ath)