Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Raih Dua Prestasi pada Ajang Penghargaan Pelayanan Publik Nasional

Jakarta, 26/11/2020 Kemenkeu – Acara penyerahan penghargaan TOP Inovasi Pelayanan Publik, apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Penanganan COVID-19 dan TOP Pengelolaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020 digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dan bertempat di Gedung Tribata, Kebayoran Baru pada Rabu (25/11).

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Presiden RI yang dalam sambutannya, Beliau menyampaikan arahan bahwa penyelenggara pemerintah harus saling mengadakan proses transfer of knowledge untuk dapat mereplikasi metode dan cara kerja baru dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Kecepatan, ketepatan, dan kualitas pelayanan publik menjadi tuntutan stakeholders yang perlu untuk dipenuhi, dikarenakan kepercayaan publik akan meningkat seiring dengan meningkatnya kualitas pelayanan publik dengan ketersediaan saluran pengaduan yang harus direspons secara bijak,” ungkapnya.

Pada ajang penghargaan bergengsi tersebut, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berhasil meraih 2 (dua) prestasi. Penghargaan pertama diraih oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai Unit Pengelola Pelayanan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2020 dengan adanya inovasi Sistem Informasi Pengelolaan Pengaduan (SIPANDU). Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Ombudsman RI, Prof. Amzulian Rifai, S.H.,LL.M.,Ph.D. kepada Direktur Jenderal Perbendaharaan yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Regina Maria Wiwieng Handayaningsih, S.H. 

undefined

Selanjutnya, penghargaan kedua diraih oleh Lembaga National Single Window (LNSW) dengan inovasi yang diusung berjudul Penerapan Sistem Pertukaran Data Elektronik ASEAN Trade in Goods Agreement (SiPakDE-ATIGA). Inovasi yang berdampak secara internasional dan melibatkan sinergi dari berbagai Kementerian/Lembaga ini berhasil menembus Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020. Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik diserahkan langsung oleh Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo kepada Menteri Keuangan yang diwakili oleh Kepala LNSW, Mochamad Agus Rofiudin.

Apresiasi ini menjadi penyemangat bagi jajaran Kemenkeu untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholders, serta mengukir prestasi baik di kancah nasional maupun internasional. (ab/ds)

undefined