Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Raih Penghargaan Dari Pengembangan Manajemen Talenta

Jakarta, 29/12/2017 Kemenkeu - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan baik secara institusi maupun melalui aparat-aparatnya. Prestasi yang membanggakan tersebut ditunjukkan dengan diperolehnya beberapa penghargaan yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) pada kategori penghargaan bagi pejabat pimpinan tinggi teladan nasional dan penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk kategori instansi pemerintah yang inovatif dalam penguatan penerapan sistem merit dalam manajemen aparatur sipil negara. 

Pada acara ini, Komisi Sipil Aparatur Negara (KASN) memberikan penghargaan bagi Kementerian/Lembaga (K/L) dengan dua kategori, yaitu kategori 'Kepatuhan dan Kualitas Tata Kelola Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi' dan kategori 'Inovasi Penguatan Penerapan Sistem Merit Dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara'. Dalam hal ini, Kemenkeu memperoleh penghargaan 'Pengembangan Manajemen Talenta' pada kategori 'Inovasi Penguatan Penerapan Sistem Merit Dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara'. Penghargaan dimaksud diterima langsung oleh Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo yang hadir mewakili Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. 

Selain itu, tiga pejabat Kemenkeu dinominasikan menerima penghargaan sebagai pejabat tinggi teladan nasional yaitu Direktur Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Marwanto Harjowirjono, Dirjen Pajak Robert Pakpahan, dan Dirjen Perimbangan Keuangan Budiarso Teguh Widodo. Bahkan Dirjen Perbendaharaan menjadi salah satu pejabat tinggi dari sembilan orang yang dianugerahi penghargaan kategori Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Teladan Tingkat Nasional. Ia menyatakan bahwa penghargaan tersebut akan menjadi pendorong bagi dirinya untuk bekerja lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan (penghargaan) ini akan menjadi (pendorong) perbaikan bagi kami sendiri dalam bekerja,” kata Dirjen Perbendaharaan saat memperoleh penghargaaan di kantor Lembaga Administrasi Negara RI (LAN), Jakarta Pusat, Kamis (28/12).    

Sementara itu, MenPAN-RB Asman Abnur mengatakan penghargaan bagi pejabat pimpinan tinggi teladan nasional merupakan apresiasi yang diberikan kepada para pejabat yang membawa perubahan di lingkungan kerja masing-masing dan bukan merupakan ajang untuk kompetisi mencari juara.

"(Penghargaan ini) bukan persaingan sebenarnya, tapi adalah lambang komitmen kepada pejabat tinggi yang melakukan perubahan di lingkungannya," jelasnya. (bs/nr)