Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Selenggarakan Change Agent Sharing Session

Jakarta, 08/12/2015 Kemenkeu - Kementerian Keuangan menyelenggarakan Change Agent Sharing Session kedua di Aula Djuanda I Kemeterian Keuangan, Jakarta pada Selasa (08/12). Acara ini ditujukan agar para agen perubahan (change agent) Kemenkeu dapat saling berbagi dan belajar dari pengalaman masing-masing individu di lingkungan kerjanya.


Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Hadiyanto menyampaikan bahwa change agent diharapkan dapat mendukung Transformasi Kelembagaan di Kemenkeu. “Ciri Transformasi Kelembagaan yang berhasil adalah business process jadi lebih singkat, SDM-nya dapat merespon berbagai tantangan dan ada pemanfaatan IT,” katanya saat acara tersebut. Menurutnya, proses bisnis yang singkat berarti menghilangkan segala kerumitan birokrasi tanpa kejelasan dan akuntabilitas, sehingga menjadi sesuatu yang lebih transparan. Kemudian, SDM yang dimiliki harus dapat berorientasi pada peningkatan pelayanan ke stakeholders. Terakhir, teknologi harus dapat digunakan semaksimal mungkin agar turut dapat menjawab tantangan yang ada.


Di kesempatan yang sama, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengapresiasi kerja sama para change agent selama ini, salah satunya adalah dengan mengikuti Training of trainer (ToT). “Change agent diharapkan dapat menjadi role model di Kemenkeu, dan diharapkan dapat mempercepat perubahan tersebut,” katanya. Ke depan, ia juga menyampaikan harapannya agar pada change agent ini dapat menjadi teladan dalam penerapan nilai-nilai Kemenkeu, serta menjadi inspirator dalam perubahan.


Sebagai informasi, acara sharing session ini merupakan yang kedua kali setelah ditetapkannya nilai-nilai Kemenkeu melalui Keputusan Menteri Keuangan nomor 312/KMK.01/2011 tentang Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. (as)