Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Selenggarakan Seminar Ekonomi Terkini di Bengkulu

Jakarta, 15/04/2016 Kemenkeu - Kementerian Keuangan menyelenggarakan Seminar Kebijakan Fiskal dan Perkembangan Ekonomi Terkini di Bengkulu pada Kamis (14/04). Seminar ini merupakan kali ketujuh setelah sebelumnya diselenggarakan di Tanjung Pinang. Peserta yang diundang sebanyak 180 orang yang mewakili kantor vertikal Kementerian Keuangan di Bengkulu, Pemerintah Kota dan Pemerintah Daerah Bengkulu, Perwakilan Kementerian/Lembaga di Bengkulu, Perbankan dan akademisi.

Acara seminar dibuka oleh Niken Pudyastuti, selaku Kepala Kantor Wilayah Perbendaharaan Provinsi Bengkulu dan dilanjutkan dengan Keynote Speech dari Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti. Beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya menjadi pengisi acara antara lain Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, Badan Kebijakan Fiskal Parjiono yang membahas APBN 2016 serta Kebijakan Fiskal dan Perkembangan Ekonomi Terkini.

Selain itu, Kepala Sub direktorat Pajak Daerah dan Retribusi Daerah II, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Bernadus Risdiwinarsa memaparkan materi Transfer ke Daerah dan Dana Desa serta Kinerja Pengelolaan APBD. Narasumber ketiga adalah Kepala Kantor Wilayah Provinsi Bengkulu, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Niken Pudyastuti yang membahas Pemaparan Kajian Fiskal Regional (KFR) Provinsi Bengkulu. Narasumber terakhir adalah Ekonom Kementerian Keuangan Wilayah Provinsi Bengkulu Retno Agustina Ekaputri yang membahas Kajian Ekonomi dan Potensi Khusus Daerah Provinsi Bengkulu.

Seminar ini dipandu oleh Yefriza, selaku Dosen Program Doktor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu. Sebagai informasi acara di Bengkulu ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan seminar yang direncanakan akan dilaksanakan di 32 kota di seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan dan informasi terkini mengenai berbagai kebijakan yang dikeluarkan Kementerian Keuangan yang meliputi kebijakan fiskal, kebijakan transfer kedaerah, maupun perkembangan ekonomi daerah khususnya di Provinsi Bengkulu.(moy)