Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Selenggarakan Seminar Kebijakan Fiskal dan Perkembangan Ekonomi di Jambi

Jambi, 21/04/2016 Kemenkeu - Kementerian Keuangan menyelenggarakan Seminar Kebijakan Fiskal dan Perkembangan Ekonomi Terkini di Jambi pada  Rabu (20/4). Ini merupakan rangkaian acara seminar ke-sembilan dari rangkaian kegiatan seminar yang akan diselenggarakan di 33 kota di seluruh Indonesia.

Acara dibuka dengan keynote speech dari Wakil Gubernur Provinsi Jambi Fachrori Umar. Pada seminar ini, ia menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Jambi pada tahun 2015 hanya tumbuh sebesar 4,21persen (yoy), jauh melambat dibandingkan tahun 2014 yang sebesar 7,35 persen (yoy). “Oleh karena itu, APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) diharapkan dapat menjadi stimulus ekonomi yang dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat, tak terkecuali di Provinsi Jambi ini,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Jambi, Rinardi dalam sambutannya menambahkan bahwa koordinasi menjadi salah satu kunci sukses pelaksanaan fungsi pemerintah, baik fungsi alokasi, distribusi, dan stabilisasi dalam hal pengelolaan fiskal demi kesejahteraan masyarakat.

Seminar ini menghadirkan beberapa narasumber dari lingkungan Kemenkeu dan ekonom. Narasumber pertama, Kepala Subdirektorat Penyusunan Anggaran Belanja Negara II, Direktorat Jenderal Anggaran,Adinugroho Dwiutomo menyampaikan materi bertema ‘APBN 2016 serta Kebijakan Fiskal dan Perkembangan Ekonomi Terkini’. Narasumber kedua, Kepala Sub Direktorat Dana Bagi Hasil SDA, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan  Anwar Syahdat, menyampaikan materi dengan tema ‘Transfer ke Daerah dan Dana Desa serta Kinerja Pengelolaan APBD’.

Narasumber ketiga, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jambi, Rinardi yang menyampaikan materi bertama ‘Pemaparan Kajian Fiskal Regional (KFR) Provinsi Jambi’. Terakhir, Ekonom Universitas Jambi M. Syurya Hidayat yang menyampaikan materi bertema ‘Kajian Ekonomi dan Potensi Khusus Daerah Provinsi Jambi’.

Sebagai informasi, seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan informasi terkini mengenai berbagai kebijakan yang dikeluarkan Kementerian Keuangan, seperti kebijakan fiskal, kebijakan transfer ke daerah, maupun perkembangan ekonomi daerah, khususnya di Provinsi Jambi. Sementara itu, peserta yang diundang merupakan perwakilan seluruh kantor vertikal Kementerian Keuangan, Pemerintah Daerah, Perwakilan Kementerian/Lembaga, serta kalangan akademisi di Provinsi Jambi. (ra)