Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Serahkan 117 Izin Penilai Publik

Jakarta, 24/05/2016 Kemenkeu - Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto secara simbolis menyerahkan izin 117 penilai publik pada Selasa (24/5). Penyerahan izin tersebut diserahkan dalam acara ‘Seremonial Penyerahan Izin Penilai Publik dan Seminar Manajemen Perkantoran dan Peraturan Terkait Penilai Publik’ yang diselenggarakan di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta.

“Izin ini kami ambil sejak tahun 2015 sampai sekarang ini, totalnya perizinan yang ada 117 penilai publik. Itu baik dari penilai publik properti sederhana, penilai publik properti, dan yang bisnis,” jelas Kepala Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Langgeng Subur sesaat sebelum penyerahan.

Sementara itu, dalam sambutannya, Sesjen berpesan agar penilai yang telah memperoleh izin dapat menjalankan kewajiban dan tanggung jawab profesinya dengan sebaik-baiknya. “Dalam setiap profesi, tidak semua orang bisa memperoleh kesempatan dan tanggung jawab terkait profesi. Oleh karena itu, mendapat izin sebagai penilai merupakan satu privilege, karena di dalamnya ada tanggung jawab profesi dan tanggung jawab individu secara profesional untuk menjalankan kewajibannya dengan sebaik-baiknya,” urainya.

Pada kesempatan tersebut, Sesjen juga menekankan agar para penilai publik memiliki bekal kompetensi teknis yang memadai. Selain itu, ia juga menggarisbawahi pentingnya manajemen kantor penilai publik. Bukan hanya baik secara fisik, tetapi juga yang berkaitan dengan fungsi pengelolaan kantor, sumber daya manusia serta manajemen risiko.

“Bukan hanya secara fisik baik, tetapi juga fungsi-fungsi pengelolaan dari kantor, SDM, pemasaran, kemudian jasa, keuangan, dan manajemen risikonya. Risk management menjadi satu hal yang sangat penting bagi profesi penilai. Jangan mengabaikan potensi risiko yang sepertinya mudah,” jelasnya.(nv)