Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Siap Dukung Program Sejuta Rumah

Jakarta, 21/12/2015 Kemenkeu - Dalam rangka mendukung program sejuta rumah, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyediakan 21 bidang lahan seluas 381 hektar, yang tersebar pada 10 kota di 5 provinsi. Lahan tersebut tinggal menunggu penetapannya kepada Kementerian/Lembaga (K/L) atau Pemerintah Daerah (Pemda), oleh Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (KemenPUPR).


“Nilai perolehannya kira-kira Rp1,43 triliun. Lahan tersebut dapat ditetapkan status penggunaanya kepada K/L, atau pemda untuk membangun rumah murah atau rumah susun sederhana sewa,” jelas Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro saat Grand Launching EBA-SP di Jakarta, pekan lalu.


Program sejuta rumah merupakan salah satu terobosan dalam reformasi struktur anggaran, dengan merelokasi belanja subsidi kepada belanja produktif. “Sehingga dapat memberikan ruang fiskal yang lebih besar untuk belanja produktif, termasuk membangun infrastruktur dan meningkatkan program kesejahteraan sosial,” tambah Menkeu.


Ke depannya, pemerintah akan terus meningkatkan komitmennya melanjutkan reformasi untuk mengatasi beberapa tantangan struktural. “Dalam jangka pendek, kebijakan yang berupa stimulus masih akan diterapkan untuk dapat bertahan dari berbagai tekanan eksternal dan juga terus mendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Menkeu. (as)