Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Terima Penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Lewat Inovasi IdS

Jakarta, 16/10/2019 Kemenkeu - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diwakili oleh Staf Ahli Organisasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Sudarto menerima penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Kementerian/Lembaga/Pemda/ BUMN dan BUMD di Istana Wakil Presiden Selasa, (15/10). 
 
Inovasi Kementerian Keuangan yang berhasil lolos dalam TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik adalah Inovasi Internship dan Secondment bagi Pemda (Inovasi IdS) yang dikelola oleh Direktorat Jendereal Perimbangan Keuangan (DJPK). 
 
Inovasi IdS merupakan pendekatan baru dan framwork unik yang dikembangkan oleh DJPK untuk meningkatkan kapastitas dan kompetensi aparatur Pemerintah Daerah (Pemda) dalam pengelolaan keuangan daerah dan melakukan pembelajaran terhadap keberhasilan daerah lain. 
 
Program ini merupakan bentuk inovasi DJPK dalam rangka membangun sinergi, kolaborasi, dan aliansi strategis melalui kerjasama antara Kementerian Keuangan selaku pengelola kebijakan fiskal dengan Pemda dalam upaya mendorong perbaikan pengelolaan keuangan daerah, peningkatan pelayanan publik, dan pengembangan potensi ekonomi daerah.
 
Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan pentingnya inovasi yang memberikan nilai tambah lebih tinggi dan lebih cepat seperti dengan adanya pengetahuan dan teknologi sehingga Indonesia tidak lagi banyak mengandalkan sumber daya alam tapi juga sumber daya manusia.
 
"Dengan menghasilkan nilai tambah dengan teknologi, maka itu bisa berkembang lebih baik dan lebih tinggi, yang dibutuhkan oleh negeri ini," jelasnya. (epd/org/nr).