Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kemenkeu Terus Matangkan Kompensasi Penyesuaian Harga BBM

Jakarta, 03/05/2013 MoF (Fiscal) News – Kementerian Keuangan terus melakukan pematangan bentuk kompensasi dari penyesuaian Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang rencananya akan dilakukan pemerintah. Kebijakan penyesuaian harga tersebut dilakukan untuk menyelamatkan jebolnya APBN 2013 akibat perkiraan akan melambungnya subsidi BBM jika tidak dikendalikan

Kepala Pusat Kebijakan APBN Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Rofiyanto Kurniawan mengungkapkan, jika tidak dikendalikan, subsidi BBM yang dialokasikan pemerintah bisa jebol lebih dari Rp100 triliun. Dalam APBN 2013, subsidi BBM dipatok Rp193,8 triliun.

"Ini kan memang melonjak akibat konsumsi sangat signifikan. Bisa sampai Rp100 triliun jebolnya tetapi kita jaga hanya bisa sampai Rp50-60 triliunan," ujarnya di Kantor Kementerian Keuangan, Kamis (2/4).

Dirinya mengatakan, pemerintah menjamin adanya kompensasi kepada masyarakat yang terdampak jika memang kebijakan tersebut diterapkan. Untuk itu guna memastikan kompensasi tersebut tepat sasaran dan sesuai kebutuhan, kajian secara mendalam harus dilakukan. "Jadi memang kalau misalnya kita timbangkan rencana kenaikan BBM, kita juga harus mempertimbangkan kompensasinya untuk masyarakat bentuknya seperti apa. Saat ini masih dipelajari," tutupnya. (rja)