Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kementerian BUMN Dukung Program Amnesti Pajak

Jakarta, 18/07/2016 Kemenkeu - Kementerian BUMN menegaskan dukungannya pada program amnesti pajak yang tengah digaungkan pemerintah. Menurut Menteri BUMN Rini Sumarno, bentuk investasi yang telah disiapkan rencananya adalah green field (proyek baru) dan brown field (proyek pengembangan).


Brown field adalah proyek-proyek yang risiko investasinya sudah sangat berkurang karena sudah selesai dibangun, maupun dalam bentuk obligasi atau Kerja Sama Operasi (KSO),” katanya saat Sosialisasi Amnesti Pajak kepada 2.700 pengusaha kecil, menengah, dan pengusaha besar di Surabaya pada Jumat (15/07). Salah satu contoh proyek brown field adalah Jalan Tol Bali Mandara, dimana proyek sudah selesai sehingga return sudah terlihat dan tidak ada risiko penyelesaian.


Beberapa alternatif investasi tersebut telah disiapkan untuk menampung dana repatriasi, dengan nilai sebesar Rp200-300 triliun. BUMN sebagai agen pembangunan berharap agar dana repatriasi dapat masuk ke dalam bank persepsi yang ditunjuk yaitu Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia dan Bank Tabungan Negara. (as)