Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kenaikan BBM Tak Bebani Inflasi Juni

Jakarta, 01/07/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan M. Chatib Basri mengatakan, dampak inflasi dari penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang dilakukan pemerintah tidak akan terlalu terasa pada Juni ini. Penyesuaian harga, khususnya di sektor yang terdampak, membutuhkan proses untuk diterapkan.

Menkeu menambahkan, meskipun ada tekanan dari ekspektasi masyarakat yang terjadi sebelum kenaikan harga BBM, laju inflasi pada bulan Juni ini masih dalam tahap terkendali. Tekanan inflasi diperkirakan baru akan terasa pada bulan Juli.

"Nanti inflasi Juli yang diumumin oleh BPS di bulan Agustus itu akan lebih tinggi. Karena besok senin itu praktis baru seminggu terakhir dari Juni kan kebijakan itu diterapkan," ujar Menkeu di kantornya, Jakarta, Jumat (29/6).

Dirinya mengatakan, proses penyesuaian harga di lapangan terjadi pada sektor transportasi. Meskipun pemerintah pusat telah menetapkan batas atas kenaikan tarif transportasi, namun masih butuh waktu untuk menerapkannya.

"Nah, itu kan proses adjustment-nya dari transport dan segala macem kan ketika BBM dinaikkin tidak langsung dinaikin. Mereka duduk dulu, organda, butuh waktu, biasanya pengalaman itu sebulan," tutupnya. (rja)