Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kenali Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Memperbesar Peluang Masuk PKN STAN

Jakarta, 10/03/2017 Kemenkeu–Kementerian Keuangan melalui sekolah kedinasannya, Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN), turut membuka kesempatan bagi calon siswa-siswi yang berminat menempuh jalur sekolah kedinasan tersebut. Proses pendaftaran secara daring atau online dimulai pada 9 Maret sampai dengan 31 Maret 2017 melalui  www.panselnas.id

Dikutip dari situs  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) satu tahapan seleksi bagi para peserta pendaftaran yang memenuhi syarat adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT).

Ujian Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilewati peserta meliputi Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TWK), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi wawasan nasional, regional, dan internasional maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika serta Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu mengenai sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, kemampuan peserta dalam berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Pada Tes Intelegensi Umum, dimaksudkan untuk menilai kemampuan intelegensi peserta pada 4 (empat) area, yaitu kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis, kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka, kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis serta kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Sedangkan pada Tes Karakteristik Pribadi dilakukan untuk mengetahui kepribadian peserta pada 11 (sebelas) karakteristik, yang terdiri dari integritas diri, semangat berprestasi, orientasi pada pelayanan, kemampuan beradaptasi,  kemampuan mengendalikan diri,  kemampuan bekerja mandiri dan tuntas,  kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan,  kemampuan bekerja sama dalam kelompok,  kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain,  orientasi kepada orang lain serta kreativitas dan inovasi.

Melalui Computer Assisted Test (CAT), peserta akan langsung mengetahui nilai atau grade yang diperolehnya usai peserta menyelesaikan tes tersebut. Untuk dapat melewati tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), peserta harus melewati passing grade atau ambang batas nilai untuk dapat melanjutkan kepada tahap seleksi penerimaan selanjutnya.

Bagi yang ingin menguji diri atau melakukan trial, dapat mencobanya dengan mengunjungi laman http://sc.menpan.go.id. (nr/rsa)