Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memberikan keynotespeech dalam acara seminar Human Capital Investment : A New Driving Force of the Economy di Bali (01/03)

Kepala Bappenas: SDM adalah Kunci Pembangunan

Bali, 01/03/2018 Kemenkeu - Senada dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa Sumber Daya Manusia adalah kunci pembangunan sebuah negara. 

"Di titik manapun kemajuan pembangunan sebuah negara, Sumber Daya Manusia merupakan kunci pembangunan lebih lanjut," jelasnya dalam acara Human Capital Investment : A New Driving Force of the Economy sebagai bagian dari rangkaian acara Voyage to Indonesia (VTI) di Bali, Kamis, (01/03). 

Namun demikian, walaupun Indonesia memiliki peluang bonus demografi, ia menyampaikan tantangan yang harus dihadapi dalam membangun kualitas SDM Indonesia, diantaranya adalah kemiskinan, angka pengangguran dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Beberapa tantangan Sumber Daya Manusia Indonesia 10.12% penduduk masih miskin, 7 juta angkatan kerja menganggur, Human Development Index masih rendah. Tapi kita punya peluang bonus demografi karena itu pembangunan Sumber Daya Manusia harus jadi prioritas," paparnya.

Oleh karena itu, ia menekankan perlunya prioritas dalam membangun SDM terutama di tahap awal usia kehidupan seorang anak karena itu akan memberi manfaat terbesar pada investasi SDM Indonesia.

"Kita perlu melakukan prioritas. Kita perlu memberi lebih banyak perhatian pada pembangunan Sumber Daya Manusia di tahap sangat awal. Seperti 1000 hari pertama atau hingga balita. Investasi di umur tersebut akan memberi manfaat terbesar," terangnya. (nr/rsa)