Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kepala BKPM: PMDN Tumbuh Pesat

Jakarta, 24/07/2013 MoF (Fiscal) News - Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN)  tumbuh pesat pada semester I-2013. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) M. Chatib Basri optimistis, target realisasi investasi PMDN pada tahun 2013 akan tercapai, bahkan terlampaui.

Berdasarkan data BKPM, realisasi investasi PMDN pada semester 1-2013 mencapai Rp60,6 triliun atau naik 31,4 persen dibanding periode yang sama tahun 2012 yang sebesar Rp 40,5 triliun. "Yang ingin saya katakan di sini, yang tinggi sekali itu adalah PMDN. Januari-Juni-nya (2013) itu adalah Rp60,6 triliun, dari seluruh target sebesar Rp117,7 triliun. Jadi kalau kita analisa di sini, kemungkian PMDN nantinya akan melampaui target," ucapnya.

Dalam rangka perbaikan iklim investasi di indonesia, BKPM telah menerbitkan peraturan kepala BKPM Nomor 5 Tahun 2013 sebagai upaya penyederhanaan prosedur perizinan dan non-perizinan penanaman modal. Penyederhanaan atau perampingan aturan hingga kini masih dalam proses pembahasan dengan mengacu pada arahan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang akan dilakukan sinkronisasi oleh tim Peningkatan Ekspor dan Peningkatan Investasi (PEPI). 

"Tujuannya adalah agar izin usaha lebih mudah. Dan diharapkan dengan diimplementasikannya aturan penanaman modal tersebut diharapakan realisasi investasi PMA dan PMDN dapat meningkat, sehingga akan tetap memberikan kontribusi yang berarti terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang ditargetkan sebesar 6,3 persen tahun ini," pungkas Kepala BKPM.(ak)