Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kepala BPPK Memberi Kuliah Umum Bagi Prodip Bea dan Cukai STAN

Jakarta, 21/06/2011 MoF (Fiscal) News - Kepala BPPK Kamil Sjoeib memberikan kuliah umum di depan siswa Program Diploma (prodip) Bea dan Cukai Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Kuliah umum yang berjudul Kerangka Kerja SAFE (WCO Safe Framework of Standard), menjadi tuntunan bagi para siswa prodip sebagai persiapan untuk mengabdi pada masyarakat, melalui Kementerian Keuangan, kedepannya. "Tetapkan komitmen di dalam diri kita, bahwa kami akan bekerja dan mengabdi, di Kementerian Keuangan khususnya di Bea dan Cukai.” Tegasnya.

Acara berlangsung di Aula Padang Soedirjo Pusdiklat Bea dan Cukai Rawamangun. Kamil juga memaparkan awal tugas terbentuknya bea dan cukai, untuk memungut bea masuk. “Pemungutan pendapatan negara adalah yang paling utama,” paparnya. Menurutnya, pendapatan Negara yang diterima harus tepat dan sesuai dengan dokumen pendukungnya.

Dalam materinya, Kamil menjelaskan standar yang ditetapkan oleh World Custom Organization atau badan bea cukai dunia, bertujuan untuk melindungi perdagangan internasional yang menunjang pelaksanaan program reformasi bea dan cukai negara anggota, serta mengamankan produk perdagangan internasional, yang juga berlaku di Indonesia.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada Selasa (21/6), hadir pula Kepala Pusdiklat Bea dan Cukai Endang Tata serta Direktur STAN Kusmanadji. (as)