Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Keputusan Terkait BBM Penting Untuk Sehatkan Ekonomi

Jakarta, 03/05/2013 MoF (Fiscal) News – Perbaikan atas kondisi ekonomi, khususnya memberikan keputusan kebijakan terkait bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi perlu segera dilakukan. Hal ini penting untuk memberikan kepastian kepada para investor. “Sangat jelas sikap kita terhadap subsidi, oleh karena itu saya mohon jangan lihat ini secara politik. BBM ini murni akan sehatkan ekonomi kita,” demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Keuangan (Menkeu) Hatta Rajasa di Jakarta, Kamis (2/5).

Pihaknya mengakui, keputusan yang berlarut-larut akan memberikan ketidakpastian bagi iklim investasi. Namun, pengelolaan subsidi yang memadai sangat diperlukan untuk menjaga stabilitas fiskal dan ekonomi secara keseluruhan. “Ini harus dikelola dengan baik, kita bicaranya dari sisi ekonomi. Untuk sehatkan fiskal, kita berikan subsidi lebih adil dan memberikan perlindungan sosial serta penyerapan untuk infrastruktur,” jelas Plt. Menkeu. 

Untuk itu, ia memaklumi apabila lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor`s merevisi outlook Indonesia dari positif menjadi stabil, karena belum jelasnya kebijakan pemerintah terkait BBM bersubsidi. "Kita lihat ini sinyal bahwa banyak yang harus diperbaiki, terutama fiskal dalam konteks subsidi. Padahal market confidence kita sedang tinggi, terlihat dari IHSG yang meningkat," kata Plt. Menkeu.

Sebelumnya, Standard & Poor’s dalam rilis terbarunya menyatakan bahwa kebijakan yang tidak jelas dalam mendukung reformasi ekonomi serta kondisi eksternal yang belum memadai, telah mengurangi peluang peningkatan peringkat Indonesia dalam setahun mendatang.(iin)