Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kerja Sama Negara G20 Harus Dapat Tumbuhkan Kepercayaan Masyarakat Dunia

Jakarta, 07/09/2016 Kemenkeu - Para pemimpin negara G20 memiliki perhatian yang sama terkait upaya untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, berkualitas dan inklusif. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam forum G20, communiqué pertama dalam berfokus pada instrument-intrumen yang dapat digunakan dari sisi makro maupun struktural.

Kerja sama antar negara ini harus kredibel, sehingga dapat menciptakan kepercayaan dari masyarakatnya maupun dari dunia. Selain itu, hal ini dapat memberikan harapan bahwa kerja sama ekonomi dalam G20 dan komitmen terhadap globalisasi itu adalah nyata.

“Ini merupakan tantangan bagi para pemimpin politik dan oleh karena itu pemikirannya adalah bagaimana caranya menciptakan suatu dorongan ekonomi dengan inovasi dan bagaimana menciptakan kebijakan fiskal maupun struktural yang mampu menyentuh pada kelompok masyarakat bawah. Itu adalah suatu bagian communique yang pertama,” jelas Menkeu seperti dilansir melalui laman Sekretariat Kabinet pada Rabu (07/09). (as)