Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kesan Menkeu Terhadap Wamenkeu Mahendra dan Bambang P.S. Brodjonegoro

Jakarta, 04/10/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menyatakan Wakil Menterinya, baik yang lama (Mahendra Siregar) maupun yang baru (Bambang P.S Brodjonegoro) merupakan sosok-sosok yang luar biasa dalam kinerja mereka selama ini. “Saya sedikit berbagi mengenai dua orang yang kita kenal baik. Pak Mahendra sekarang kepala BKPM dan sebelumnya Wamenkeu. Saya akan selalu teringat bahwa Pak Mahendra sebagai orang yang sangat bisa diandalkan,” kata Menkeu, Kamis (3/10).

Saat kepemimpinan Mahendra sebagai Wamenkeu II, lanjut Menkeu, Mahendra mampu menurunkan rasio okupasi (kepadatan) di Pelabuhan Tanjung Priok, dari 120% menjadi 60%. “Pak Mahendra ini merupakan paratroop Kementerian Keuangan selama ini. Saya ingat benar ketika kami harus mengatasi masalah dwelling time di Tanjung Priok. Pak  Mahendra dalam dua minggu mampu memperbaiki keadaan di sana,” ucap Menkeu.

“Dan saya ingat ada gambar dan foto di media judulnya jumlah penumpukan kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok turun 50% jelang lebaran, dan saya tweet itu berita. Itu sebagai upaya mengatasi dwelling time, ini salah satu contoh bagaimana Pak Mahendra serius bekerja. Kita punya memori yang sangat baik soal Pak Mahendra mengenai cara kerja dan keseriusannya dalam menyelesaikan persoalan," kata Menkeu.

Sementara, terkait wakil menteri yang baru yaitu Bambang P.S. Brodjonegoro, Menkeu menyampaikan kesan tersendiri.  "Pak Bambang giat sekali soal menyiapkan paket kebijakan yang kemarin, saya buka di sini, paket kebijakan ini sebetulnya disiapkan dalam 5 hari di mana kami kerja siang malam. Ini mencerminkan bagaimana keseriusan beliau. Mungkin ini berlebihan tapi Alhamdulillah terbukti September angkanya baik. Saya harap ada kerja sama yang baik di antara kita," pungkas Menkeu.(nic)