Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo menjadi pembina upacara dalam acara Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 di gedung Dhanapala Kementerian Keuangan (01/16)

Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi, Berprestasi

Jakarta, 04/06/2018 Kemenkeu – Presiden Jokowi  menegaskan bahwa dalam memperingati hari Lahir Pancasila, kita harus meneguhkan semangat untuk bersatu, berbagi dan berprestasi. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo selaku pembina upacara pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 yang diselenggarakan di gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, pada Jumat (01/16).

Berikut adalah pesan Presiden Jokowi yang dibacakan oleh Wamenkeu:

"Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus-menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin. 

Semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. Kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati. 

Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi. Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi untuk  memenangkan kompetisi. Kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif. 

Dengan semangat berprestasi yang tertanam kuat di dada para atlet, kita yakin untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para-games yang diselenggarakan tahun ini. 

Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia," tutup pidato Presiden tersebut. (ags/ind/nr)