Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

K/L Mulai Ajukan Penelaahan RKAKL APBN-P 2016

Jakarta, 20/07/2016 Kemenkeu - Kementerian/Lembaga (K/L) mulai mengajukan penelaahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)-KL APBN Perubahan tahun 2016. Pada tanggal 18 - 20 Juli 2016, Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) menerima pejabat dan pegawai dari unit perencanaan K/L mitra kerja DJA di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan. Penelaahan ini dilatarbelakangi adanya perubahan pada APBN Tahun 2016, yang telah disahkan menjadi UU pada 28 Juni 2016 lalu.

Salah satu dasar dari perubahan kebijakan belanja pemerintah adalah diterbitkannya Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2016 tentang Penghematan dan Pemotongan Belanja Kementerian/Lembaga dalam rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2016. Inpres ini berisi tentang upaya penghematan dan pemotongan anggaran belanja K/L.

DJA berharap kebijakan penghematan dan pemotongan dapat diterima oleh K/L demi terlaksananya APBN yang sehat dan aman bagi perekonomian negara. Selain itu, kebijakan ini dapat dijadikan sebagai momen perbaikan perencanaan anggaran K/L dalam rangka belanja yang lebih berkualitas.Belanja yang berkualitas baik dari segi efektivitas dan efisiensi, maupun ketepatan sasaran outcome demi terciptanya perekonomian yang kuat dan menyejahterakan rakyat.

DJA juga memanfaatkan kegiatan ini untuk melakukan penataan Arsitektur dan Informasi Kinerja (ADIK) yang mulai diimplementasikan sepenuhnya pada penyusunan RKA-K/L Tahun 2017. (as)