Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kombinasi Kebijakan Untuk Tingkatkan Lapangan Kerja

Jakarta, 11/06/2014 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan M. Chatib Basri melihat bahwa kedua kandidat calon Presiden Indonesia 2014-2019 menaruh perhatian pada penciptaan lapangan kerja. Ia menyebut bahwa ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menciptakan lapangan kerja, yang mana berkaitan dengan peningkatan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Untuk mencapai ini, hal yang perlu dilakukan adalah dengan meningkatkan domestic saving, membuka lahan untuk investasi asing yang lebih besar, serta melakukan economic efficiency dan meningkatkan produktivitas. “Yang dilakukan adalah kombinasi ketiga hal tersebut. Dan tentu saja mereka harus ramah kepada investasi baik domestik atau asing,” katanya di Jakarta, Rabu (11/6).

Secara hitungan ekonomi menurutnya, dengan kondisi Indonesia saat ini membutuhkan nilai pertumbuhan di angka 7 persen, agar lapangan kerja dapat tercipta. “Lapangan kerja bisa tercipta jika ekonomi tumbuh paling tidak 6,5 sampai 7 persen. Sementara incremental capital output ratio di Indonesia sekitar 5,3. Jadi, 1 persen growth akan butuh sekitar 5,3 persen investment over GDP. Jika mau tumbuh 7, berarti kalikan dengan 5,3 dan hasilnya adalah 37 persen of GDP investment. Sayangnya, saat ini domestic saving hanya sekitar 32 persen. Jadi kita kurang 5 persen,” jelasnya. (as)