Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Komisi XI Berharap Pemerintah Lakukan Negosiasi Harga Pengambilalihan Inalum

Jakarta, 31/10/2013 Mof (Fiscal) News –Komisi XI DPR berharap, pemerintah masih dapat melakukan upaya negosiasi guna menekan harga pengalbilalihan PT Inalum. Hal tersebut diutarakan oleh sejumlah anggota Komisi XI dalam rapat kerja dengan Menteri Keuangan M. Chatib Basri, yang berlangsung pada Rabu (30/10) petang. Meski demikian, Chatib mengatakan bahwa dalam rapat tersebut telah disepakati nilai acuan yang digunakan sebagai pijakan tim negosiasi pengambilalihan dengan pihak Jepang yaitu sebesar 558 juta dolar AS atau Rp6,2 triliun.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua Komisi XI Olly Dondokambey, terdapat sejumlah butir kesimpulan yang meliputi Komisi XI dan pemerintah sepakat untuk pengelolaan lebih lanjut PT Inalum, harus tunduk kepada UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dan Peraturan Perundang-undangan lainnya.

Selain itu, Komisi XI DPR dan pemerintah juga menyepakati pengambilalihan PT Inalum sudah memperhitungkan tanggung jawab lingkungan dan melakukan penyempurnaan tata kelola dan proyeksi bisnis ke depan. Komisi XI juga meminta pemerintah untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai manfaat ekonomi (seperti deviden, pajak dan lain sebagainya), sosial dan atau manfaat lainnya dalam pengambilalihan PT Inalum. (ak)