Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Komisi XI DPR Menyetujui Anggaran Kemenkeu Tahun 2017

Jakarta, 16/09/2016 Kemenkeu - Komisi XI DPR RI menyetujui anggaran belanja Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2017, yaitu sebesar Rp42,174 triliun. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, angka tersebut termasuk anggaran untuk BLU Sawit sebesar Rp10,6 triliun.

“Totalnya Rp42 triliun, termasuk ada di dalam anggaran itu Rp10,6 triliun, karena itu menjadi tempat titipan BLU sawit,” jelasnya saat Rapat Kerja dengan komisi XI terkait pengambilan keputusan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Kemenkeu dalam RAPBN tahun 2017, di Gedung DPR RI pada Kamis (15/09).

Menkeu menyampaikan apresiasinya atas dukungan komisi XI selama proses perencanaan anggaran. Ia juga menegaskan bahwa Kemenkeu akan menjadi contoh bagi Kementerian/Lembaga lainnya. “Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Komisi XI, kami harus jadi contoh kepada seluruh kementerian lain," katanya.

Sebagai informasi, besaran pagu di Kemenkeu telah dibahas di dalam Panja. Sekretaris Jenderal, termasuk fungsi pelayanan umum, mendapatkan anggaran terbesar karena mencakup seluruh kepegawaian Kemenkeu. Sedangkan, fungs-fungsi lain dari eselon I telah dianggarkan secara spesifik sesuai tugas dan fungsi serta tanggungjawab masing-masing. “Pemerintah tetap berupaya melakukan perbaikan dalam efisiensi dalam perencanaan anggara," tambah Menkeu. (hi)