Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Komisi XI DPR Setujui RUU PPKSK Dibawa ke Tingkat II

Jakarta, 17/03/2016 Kemenkeu - Sepuluh fraksi pada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyampaikan pendapat akhir terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (PPKSK). Saat Rapat Kerja Komisi XI DPR dengan Menteri Keuangan pada Kamis (17/03), semua fraksi menyetujui bahwa RUU PPKSK dapat dibawa ke tingkat II untuk diambil keputusannya pada rapat paripurna.

Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Komisi XI yang telah menyelesaikan RUU PPKSK. Sepuluh fraksi yang memberikan persetujuan tersebut adalah Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi PKB, Fraksi PKS, Fraksi PPP, Fraksi Partai Nasdem, dan Fraksi Partai Hanura.

RUU PPKSK merupakan RUU yang diajukan Pemerintah kepada DPR RI. Inisiatif pengajuan RUU ini adalah untuk menentukan langkah-langkah apa yang bisa langsung diambil para pemangku kebijakan dalam menghadapi situasi ekonomi tidak normal, sehingga krisis bisa dicegah lebih awal.(as)
 
Dalam RUU ini, pemerintah mengusulkan daftar langkah-langkah yang perlu diambil ketika mulai terindikasi adanya kondisi ekonomi tidak normal. Kondisi ekonomi tidak normal tersebut ditentukan oleh empat lembaga negara yang terdiri atas Kementerian Keuangan, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).