Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Komitmen Indonesia untuk Berkontribusi pada Pertumbuhan Ekonomi Global

Jakarta, 17/11/2015 Kemenkeu – Dalam pertemuan pemimpin G20 di Antalya, Turki pada Minggu (15/11), Presiden Joko Widodo menyampaikan komitmennya untuk terus berkontribusi pada upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi global sebesar 2 persen sampai tahun 2018. Namun, tidak hanya sekedar peningkatan pertumbuhan, tapi tumbuh dengan dengan berkualitas.


“Para pemimpin G20 telah memberikan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan tinggi atau kuat melalui tindakan aksi bersama,” jelas Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro saat melakukan teleconference pada Selasa (16/11).


Menurut Presiden, yang akan menjadi kunci utama pertumbuhan utama ekonomi Indonesia adalah paket-paket kebijakan yang dikeluarkan yang utamanya adalah untuk memberikan stimulus pertumbuhan, mendorong investasi dan meningkatkan daya beli masyarakat.


“Indonesia telah menyampaikan keseriusannya untuk mendukung G20 tadi. Salah satunya adalah paket kebijakan ekonomi, konsolidasi fiskal yaitu untuk meningkatkan ruang fiskal dalam APBN, kebijakan dana langsung ke desa atau dana desa untuk mencapai pertumbuhan ynag lebih inklusif, serta National Single Window untuk mempercepat proses ijin usaha, meningkatkan program pelatihan kelahlian dan kejuruan tenaga kerja, perluasan KUR serta peningkatan batas penghasilan tidak kena pajak,” jelas Menkeu.


Sebagai informasi, KTT itu sendiri menghasilkan 2 dokumen penting yaitu Leader Joint Communiqué, yang berisi kesepakatan arah kebijakan G20, serta Antalya Action Plan, yang berisi langkah-langkah implementasi ke depan. (as)