Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Komitmen Membangun SDM Terbaik, LPDP Membuka Kembali Pendaftaran Beasiswa 2021

Jakarta, 11/05/2021 Kemenkeu - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sebagai pemegang dana abadi pendidikan untuk SDM Indonesia yang unggul, kembali membuka program beasiswa untuk putra-putri Indonesia yang memenuhi syarat dalam menempuh pendidikan S2, S3, dan riset di universitas terbaik dalam negeri maupun luar negeri.  

"Setelah dibuka terbatas di tahun 2020 yang lalu, kini akhirnya LPDP memberanikan diri membuka kembali beasiswa dengan kategori yang lebih luas dengan berbagai pertimbangan dan menyesuaikan penyesuaian mekanismenya," jelas Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto dalam webinar bertajuk "Beasiswa LPDP 2021: Wujudkan Visi SDM Unggul Indonesia melalui Pendidikan Terbaik Dunia", Selasa (11/05).

LPDP berusaha membuka berbagai hambatan anak bangsa dari sisi kultural, struktural maupun spasial untuk mengakses pendidikan terbaik. Contohnya LPDP mencatat jumlah awardee LPDP bergender perempuan sebesar 51%. Kesempatan bagi daerah afirmasi maupun daerah tertinggal juga sama besarnya sekaligus penyandang disabilitas. LPDP telah memberangkatkan 25 ribu putra-putri terbaik bangsa, dan 9.000 di antaranya sudah menjadi alumni.

Ia berpesan agar calon alumni setelah kembali dari studi agar memantaskan diri dan memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin dari ilmu yang telah didapatkan untuk diterapkan di Indonesia. Untuk calon penerima beasiswa (awardee) yang sedang berjuang mendapatkan beasiswa, ia berharap mereka akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Sedangkan untuk awardee yang belum berhasil, ia berpesan agar tidak berkecil hati dan lebih mempersiapkan diri menjadi lebih baik untuk berikutnya.  

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai beasiswa reguler LPDP silahkan klik tautan berikut ini: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/ sedangkan untuk beasiswa riset silahkan klik tautan berikut ini: https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/page/pendaftaran-dan-seleksi. (nr/ds/hpy)