Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Komitmen Pimpinan Penting Bagi Kesuksesan Implementasi Values pada Organiasi

Jakarta, 27/05/2016 Kemenkeu - Salah satu latar belakang dari pembentukan nilai-nilai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) adalah untuk menyatukan “kotak-kotak” dalam tubuh organisasi Kemenkeu, yang memiliki 11 unit eselon I. “Bisa dibayangkan sulitnya menyatukan ego sektoral, sulit untuk begitu saja menghilangkan silo-silo diantara eselon 1 di Kemenkeu,” jelas Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro saat menjadi narasumber pada kegiatan pencanangan values (nilai) di Kementerian Perindustrian, Jakarta pada Rabu (25/05).

Terkait dengan pencanangan nilai di Kemenperin, Menkeu mengatakan bahwa level pimpinan memegang peran penting saat melakukan perubahan, dimana komitmen pimpinan sangat dibutuhkan bukan hanya di atas kertas. “Kuncinya ketika kita mencanangkan nilai, harus bisa pastikan kita menghilangkan silo-silo yang terjadi. Ini adalah relaitas yang harus kita hadapi,” tambah Menkeu.

Menkeu juga menekankan bahwa tahapan paling penting dari nilai-nilai tersebut adalah implementasi dalam aktifitas keseharian. “Ini jangan sampai terpaku cuma jadi jargon dan hapalan, tapi yang penting adalah implementasi,” kata Menkeu. Diakhir paparannya Menkeu berharap dengan kesempatan untuk berbagai pengalaman ini, implementasi nilai pada Kemenperin dapat dilakukan dengan lebih cepat. (as)