Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Konsolidasi dalam Transfer Daerah dan Dana Desa 2017

Jakarta, 18/08/2016 Kemenkeu - Penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2017 telah mempertimbangkan kondisi global dan domestik yang terjadi hingga saat ini, serta prospeknya ke depan. Untuk belanja transfer ke daerah dan dana desa dalam RAPBN 2017 akan dilakukan konsolidasi sesuai perkembangan kapasitas fiskal dan efektifitas alokasinya.


Dari keterangan yang dilansir melalui siaran pers mengenai RAPBN 2017, konsolidasi tersebut antara lain penyempurnaan pengalokasian dan pelaksanaan Dana Transfer Khusus serta pemberian insentif yang lebih besar kepada daerah yang berkinerja baik dalam kinerja keuangan, pendidikan, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu , ada peningkatan Dana Desa untuk mempercepat pembangunan dari pinggiran sesuai nawacita.


Di sisi lain, pemerintah daerah (pemda) diharapkan dapat ikut berperan dalam pembangunan karena anggaran ke daerah yang setiap tahun meningkat. “Dan juga untuk membuat pemda yang sekarang ini memiliki peran yang makin penting, juga transfer anggaran ke daerah yang makin banyak. Pemda bisa menggunakan anggarannya dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pembangunan,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers mengenai RAPBN 2017 di Jakarta pada Selasa (16/08). (as)