Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Konsumsi BBM Perlu Dikendalikan

Jakarta, 26/09/2013 MoF (Fiscal) News – Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasminto Hadi Wibowo berpendapat, kecenderungan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang kian meningkat perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Pemerintah, menurutnya, perlu untuk mengendalikan konsumsi BBM. “Dari prediksi beberapa negara, kita 2018 bisa menjadi importir BBM terbesar di dunia, mengalahkan Amerika Serikat,” katanya pada Kamis (26/9).

Prediksi bahwa pada tahun 2018 Indonesia menjadi importir terbesar BBM didasarkan pada pertumbuhan jumlah kendaraan yang terus meningkat. Hal tersebut diperkuat oleh adanya kebijakan mobil murah (LCGC) saat ini. Oleh sebab itu, penggunaan minyak dapat meningkat apabila tidak dikontrol pemerintah.

Namun menurut Sasminto, BPS juga mengapresiasi upaya pemerintah dalam meningkatkan penggunaan biofuel, dalam paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan pada Agustus lalu. Penerapan kebijakan ini diharapkan mampu menepis perkiraan buruk itu. "Makanya, kita harus tingkatkan biofuel supaya ketergantungan pada BBM bisa menurun. Gas pun demikian. Biofuel ini bagaimana bisa dioptimalkan jadi pengganti solar, pengganti bensin," pungkasnya. (nic)