Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Konsumsi dan Investasi, Kunci Ekonomi Tumbuh 5,3-5,9 Persen Tahun Depan

Jakarta, 07/06/2016 Kemenkeu - Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2017, pemerintah mengusulkan asumsi pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 hingga 5,9 persen. Sektor konsumsi dan investasi diproyeksi masih menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi tahun depan.

Agar asumsi pertumbuhan ekonomi tersebut dapat terealisasi, pemerintah berharap konsumsi rumah tangga dapat tumbuh di kisaran 5,1-5,2 persen; konsumsi pemerintah tumbuh 6,5 persen; dan investasi tumbuh di kisaran 6,4-7,3 persen. Beberapa faktor yang diharapkan mampu mendorong tercapainya asumsi tersebut yaitu pertama, perkiraan perbaikan ekonomi domestik serta harmonisasi kebijakan fiskal dan moneter yang diharapkan mendorong kinerja konsumsi rumah tangga.

Kedua, kinerja konsumsi pemerintah juga diperkirakan semakin baik sejalan dengan kebijakan anggaran belanja yang lebih efisien dengan menerapkan money follow program prioritas. Ketiga, Kinerja pembentukan modal tetap bruto (PMTB) didukung oleh perbaikan iklim investasi dan pembangunan infrastruktur yang juga memanfaatkan skema kerja sama pemerintah-swasta.

Selain itu, kegiatan ekspor-impor juga diharapkan tumbuh lebih baik dari tahun sebelumnya. "Kami berharap ekspor dan impor juga tumbuh positif, tidak lagi negatif seperti sejak tahun lalu," kata Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dalam Rapat Kerja Pemerintah dengan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat pada Senin (6/6) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.(nv)