Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Konsumsi Masyarakat dan Belanja Pemerintah Jadi Penopang Pertumbuhan di 2016

Jakarta, 24/06/2016 Kemenkeu - Di tahun ini, konsumsi masyarakat dan belanja pemerintah diproyeksikan dapat menopang pertumbuhan Indonesia. Dari laporan terbaru Bank Dunia berjudul Indonesia Economic Quarterly (IEQ), reformasi kebijakan yang berkelanjutan dapat membantu mengatasi perlambatan permintaan dan gejolak pasar keuangan dunia.


“Kebijakan keuangan yang penuh kehati-hatian, peningkatan investasi pemerintah di bidang infrastruktur dan reformasi kebijakan guna memperkuat iklim investasi, telah menopang Indonesia dalam mempertahankan pertumbuhannya di kisaran 5,1 persen,” kata Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia Rodrigo Chaves, seperti dilansir dari siaran pers Bank Dunia pada Jumat (24/06).


Di sisi lain, Indonesia juga perlu meningkatkan investasi swasta. Ini ditujukan untuk menyeimbangkan tekanan pada pendapatan pemerintah, yang dapat membatasi rencana investasi pemerintah untuk pembangunan infrastruktur. Selain itu, terkait pelemahan sektor komoditas, Indonesia harus mulai memperluas sektor manufaktur dan jasa. (as)