Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kontribusi Ekonomi Desa Untuk Nasional

Jakarta, 12/10/2015 Kemenkeu - Salah satu target dalam paket kebijakan ekonomi ketiga adalah untuk menjaga daya beli masyarakat. Pencairan dana desa yang lebih baik termasuk didalamnya, dimana dana desa diharapkan dapat mendorong pembangunan infrastruktur desa dan menggerakkan usaha ekonomi desa. Menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, ekonomi desa diharapkan dapat bergerak cepat dan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.


“Dana desa kita genjot realisasinya saat ini memang salah satunya untuk memulihkan dan meningkatkan daya beli masyarakat,” katanya seperti dilansir melalui laman Kemendesa pada Senin (12/10). Mekanismenya yaitu dana desa digunakan untuk infrastruktur yang padat karya. “Dengan ini, maka akan menyerap banyak warga desa yang bekerja, mereka mendapat upah, bisa membeli kebutuhan pokok, ini akan mendorong konsumsi dan menggerakkan roda perekonomian,” jelas Marwan.


Hal ini juga sejalan dengan yang telah diutarakan Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro beberapa waktu lalu. Menkeu berharap pembangunan desa dapat dilakukan oleh warganya sendiri. Untuk mengatur pembangunan desa tidak dilakukan oleh kontraktor, maka nanti akan ada Surat Keputusan Bersama 3 Menteri yang akan mengatur hal tersebut. (as)

 

Informasi Selengkapnya : Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi