Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC Dumai Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu dari Malaysia

Jakarta, 13/05/2013 MoF (Fiscal) News – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Dumai menggagalkan penyelundupan Methamphetamine (sabu-sabu) dari Malaysia melalui terminal penumpang kapal Feri Indomal Express 3 pada Sabtu (27/4) lalu.

Modus yang digunakan oleh pelaku adalah dengan body stripping, yaitu dengan cara menyembunyikan narkotika tersebut dalam empat bungkusan plastik berlapis koran di bawah perut bagian depan. Selain itu, pelaku juga menyimpan tiga bungkusan sabu-sabu dengan kemasan serupa di kantong celana. Dari pelaku, petugas berhasil menyita tujuh paket narkotika dengan berat total 718,16 gram senilai kurang lebih Rp1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah).

Selanjutnya, petugas langsung meringkus tersangka dan membawa barang bukti sabu-sabu untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut ke KPPBC TMP B Dumai.  Setelah dilakukan pemeriksaan, tersangka beserta barang bukti langsung diserahkan ke Kasubdit Narkoba Polres Dumai untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan perbuatan yang telah dilakukan. Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 112 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana kurungan penjara seumur hidup.(wa)