Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC Juanda Gagalkan Penyelundupan HeroinSenilai Lebih Dari Dua Miliar Rupiah


Jakarta, 18/05/2011 MoF (Fiscal) News - Customs Narcotics Team (CNT) Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Juanda dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Timur I berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 1.400 (seribu empat ratus) gram Heroin melalui Bandara Internasional Juanda. Demikian disampaikan Kepala Kanwil DJBC Jawa Timur I Muhammad Chairiri dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Aula KPPBC TMP Juanda, Surabaya pada Rabu (18/05).

Pelaku adalah seorang laki-laki warga negara Malaysia keturunan India dengan inisial GS. Tersangka yang berusia 23 tahun ini merupakan penumpang pesawat Air Asia (QZ 7618) dengan rute Kuala Lumpur-Surabaya yang mendarat di Bandara Juanda pada Jumat (13/05) pukul 11.30 WIB.

Pada saat melakukan pemeriksaan bagasi penumpang dengan mesin X-Ray, petugas Bea dan Cukai memfokuskan perhatian pada sebuah travel bag yang diduga berisi barang-barang mencurigakan. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik secara mendalam, petugas menemukan gumpalan padat (pasta) berwarna kecoklatan yang diduga sebagai heroin seberat 1,4 kg yang disembunyikan pada lapisan bagian bawah tas.

Modus menyembunyikan heroin di dalam dinding palsu tas ini merupakan upaya tersangka untuk mengelabui petugas agar barang haram tersebut tidak terdeteksi keberadaannya. Hasil pengujian yang dilakukan oleh Laboratorium Balai Pengujian dan Identifikasi Barang DJBC terhadap bubuk dimaksud menunjukkan bahwa barang tersebut positif heroin. Diperkirakan, barang haram ini bernilai sekitar Rp2.100.000.000 (dua miliar seratus juta rupiah).

Selanjutnya, tersangka dan barang bukti diserahkan kepada Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut
.(DJBC)