Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC Ngurah Rai Kembali Gagalkan Aksi Penyelundupan Narkotika

Jakarta 21/05/2014 MoF (Fiscal) News - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Ngurah Rai kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika. Setelah sebelumnya berhasil menggagalkan penyelundupan Methamphetamine (sabu-sabu) dalam lukisan, kali ini KPPBC Ngurah Rai berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika seberat 2.522 gram bruto yang disembunyikan di dalam rongga tas ransel milik penumpang pesawat rute penerbangan Kuala Lumpur-Denpasar.


Keberhasilan penggagalan upaya penyelundupan narkotika ini berawal dari kecurigaan petugas terhadap hasil pencitraan mesin x-ray yang mengindikasikan terdapat benda mencurigakan di dalam sebuah tas ransel milik salah satu penumpang pesawat di Bandara Internasional Ngurah Rai. Pada saat melakukan pemeriksaan terhadap tas ransel merk HP milik penumpang tersebut, petugas menemukan tiga bungkus plastik yang berisi kristal bening disembunyikan di dalam rongga bagian dalam tas ransel yang diduga sebagai sediaan narkotika.


Petugas kemudian memeriksa semua barang bawaan penumpang tersebut, yaitu dua tas punggung dan satu buah koper. Setelah melakukan pemeriksaan mendalam, petugas kembali menemukan dua bungkus plastik berisi kristal bening disembunyikan di dalam lipatan pakaian berwarna putih (mukena) di dalam koper warna ungu merk Polo. Selanjutnya, petugas melakukan pengujian pendahuluan dengan menggunakan narcotics test. Berdasarkan hasil pengujian, kelima bungkus kristal putih yang ditemukan tersebut diduga merupakan sediaan narkotika jenis Methamphetamine.


Dalam peredaran gelap narkotika, harga pasar/harga jual sediaan narkotika jenis Methamphetamine diperkirakan mencapai harga Rp2 juta per gram, sehingga perkiraan nilai barang bukti yang ditegah oleh petugas Bea dan Cukai mencapai sekitar Rp5,044 miliar.(nic)

 

Informasi selengkapnya dapat dilihat di situs resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai